Senin, 03 Maret 2014

Mengenal Lebih Dekat Sosok Sultan Thaha Syaifudin

Sultan Thaha Syaifudin (1816 - 1904)

Sultan Thaha Syaifudin





















Sultan Thaha Syaifudin

Sepertinya Nama Sultan Thaha Syaifudin banyak diabadikan sebagai nama tempat atau jalan di Provinsi jambi ini. Ketika pesawat yang saya naiki mendarat di Bandara Sultah Thaha Jambi, saya terus bertanya-tanya siapakah Beliau hingga namamya diabadikan sebagai nama bandara. Namun Sayangnya tidak banyak referensi  yang cukup menjelaskan siapakah sosok yang cukup fenomenal ini di Jambi. 

Sultan Thaha Syaufudin merupakan Pahlawan nasional asal Jambi yang dilahirkan pada pertengahan tahun 1816 dengan nama asli Sultan Raden Toha Jayadiningrat yang saat kecil sering dipanggil Raden Thaha Ningrat. Saat dinobatkan menjadi sultan pada tahun 1855 usia Sultan Thaha masih tergoleng cukup muda, yakni 22 tahun. Sultan Thaha menggantikan Sultan sebelumnya yaitu Sultan Nazarudin. Berbeda dengan ayahnya, Sultan Fachruddin, Sultan Thaha justru memperlihatkan perlawanan secara frontal kepada Belanda. Pada 1834, ayahnya menandatangani kontrak kerjasama dengan Belanda.

Adapun Sultan Thaha, justru memakai taktik mengelak dan menghindar kontrak.  Sultan Thaha bahkan menolak semua pasal yang membatasi kekuasaan sultan. Junaidi T Noor, sejarawan dari Jambi menyebut Thaha berpantang berhadapan muka dengan Belanda.

Residen Palembang, PF Laging Tobias pada 1881 mendeskripsikan Thaha sebagai orang yang energik lagi bertempramen panas. Ia diluar "kebiasaan" Jambi yang lamban. Karenanyalah Sultan Thaha adalah musuh utama kolonial Belanda ketika itu, walaupun secara formal kekuasaan Thaha berakhir pada 1858. Tapi kurang lebih 40 tahun ia berjuang di belakang layar sebelum akhirnya mangkat pada April 1904.  pada pertempuran di Sungai Aro dan menjadi  sultan terakhir dari kesultanan jambi pada era itu.


(Keterangan asli untuk foto ini berbunyi: "sultan terakhir Jambi dengan rombongannya."Mungkin digambarkan di sini Sultan Thaha Syaifuddin Jambi (1816-1904) . Dia ditangkap dandibunuh pada tahun 1904 oleh tentara Belanda. Saat ini bandara di ibukota Jambi dinamai menurut namanya.)Het originele bijschrift bij deze foto luidt: "De laatste sultan van Jambi met zijn gevolg". Mogelijk is hier Sultan Thaha Syaifuddin van Jambi (1816-1904) geportretteerd. Hij werd in 1904 gevangengenomen en gedood door Nederlandse militairen. Het huidige vliegveld bij de gelijknamige hoofdstad van het district Jambi is naar hem vernoemd.


Sebagai sultan muda, dalam melawan Belanda ternyata Sultan Thaha mencoba membuka jejaring ke sultan Turki. Sebuah terobosan yang boleh jadi belum dicoba oleh para pendahulunya. Ibu Sultan Thaha yang keturunan Arab menurut Scholten memberi andil soal keputusan sultan muda ini untuk meminta dukungan diplomatik dari kesultanan Turki. Langkah ini, pada 1873 diikuti pula oleh kesultanan Aceh. BuktiuUsaha diplomatik itu dapat dilihat dari adanya kalung bintang kejora yang merupkan pemberian dari Khalifah Utsmani di Turki untuk Sultan Thaha melalu utusannya. Saat ini kalung bIntang kejoran tersebut disempan di Museum Siginjei Jambi.

Sultan Thaha Syaifudin dimakamkan di tengah kota Muaro Jambi. Namun ada versi lain yang menyebutkan lokasi yag berbeda mengenai letak lokasi makan Sultah Thaha Syaifudin. Versi lainnya mengatakan makam sang sultan ada di Desa Betung Berdarah, Kecamatan Tebo Ilir. Versi ini mengatakan Sultan Thaha yang sudah uzur tertembak oleh Belanda dalam sebuah pertempuran. Dalam keadaan luka parah, sultan dilarikan oleh pasukannya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJSvB-YY-H0mo0o5yGTbYFsvrR4bvQCaYszF01YKgiByvkm46RflavLm_1LYzhrUGVtUpkBi_sXIiiJ_SGjUc34tpGDPQSJcX2go6pBZsT20XR3aWbE5SVXDXN6b6HlNzKIvHFO-2-SeY/s320/2013-02-20+17.53.56.jpg

Sultan kemudian meninggal dalam usia 88 tahun pada 1904 (beliau lahir di Jambi pada pertengahan1816). Oleh pengikutnya, beliau dimakamkan di Desa Betung Berdarah. Hingga sekarang, versi makam Betung Berdarah ini masih terus disebut-sebut dan dipercayai oleh cukup banyak orang.

Versi lainnya adalah adalah Sebuah Makam yang berlokasi di Dusun Tanah Garo, Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Tebo. Tak hanya makam sang sultan, di lokasi yang sama juga ada beberapa makam lainnya yang disebut-sebut sebagai hulu balangnya. (Leo)





http://senjadiatasbukit.blogspot.com/2013/04/mengenal-lebih-dekat-sosok-sultan-thaha.html


Rabu, 08 Januari 2014

KOPERASI INDONESIA / COOPERATIVE BANKING



Oke sekarang gua mau sharing tentang "k-o-p-e-r-a-s-i" meliputi pengertian,prinsip-prinsip,organisasi dan manajemennya, dan survey koperasi dilingkungan terdekat gua
semoga bermanfaat *amiin......

PENGERTIAN KOPERASI


Menurut wikipedia Koperasi adalah organisasi bisnisyang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Cooperative banking is retail and commercial banking organized on acooperative basis. Cooperative banking institutions take deposits and lend money in most parts of the world.
Cooperative banking, as discussed here, includes retail banking carried out by credit unionsmutual savings banksbuilding societies and cooperatives, as well as commercial banking services provided bymutual organizations (such as cooperative federations) to cooperative businesses.
  


Menurut Mohammad Hatta(1980:14)
Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong. Selanjutnya dikemukakan bahwa gerakan koperasi adalah perlambang harapan bagi kaum ekonomi lemah,berdasarkan self-help dan tolong menolong diantara anggota- anggotanya, sehingga dapat melahirkan rasa saling percaya kepada diri sendiri dalam persaudaraan koperasi yang merupakan semangat baru dan semangat menolong diri sendiri. Ia didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan, berdasarkan prinsip “seorang buat semua dan semua buat seorang”.

Definisi Koperasi Menurut ILO ( International Labour Organization )

 Definisi koperasi yang lebih detail dan berdampak internasional diberikan oleh ILO sebagai berikut :
“Cooperative defined as an association of persons usually of limited means, who have voluntarily joined together to achieve a common economic end thorough the formation of a democratically controlled business organization, making equitable contribution to the capital required and accepting a fair share of risk and benefits of undertaking”.
Dalam definisi ILO tersebut, terdapat 6 elemen yang dikandung koperasi sebagai berikut :
  • · Koperasi adalah perkumpulan orang – orang ( Association of persons ).
  • · Penggabungan orang – orang tersebut berdasar kesukarelaan ( Voluntarily joined together ).
  • · Terdapat tujuan ekonomi yang ingin dicapai ( to achieve a common economic end ).
  • · Koperasi yang dibentuk adalah satu organisasi bisnis ( badan usaha ) yang diawasi dan dikendalikan secara demokratis ( formation of a democratically controlled business organization )
  • · Terdapat kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan ( making equitable contribution to the capital required )
  • · Anggota koperasi menerima resiko dan manfaat secara seimbang ( Accepting a fair share of the risk and benefits of the undertaking ).
PRINSIP – PRINSIP KOPERASI
Prinsip pertama   :        Keanggotaan Sukarela dan Terbuka
Prisip kedua        :        Pengendalian oleh Anggota Secara demokratis
Prinsip ketiga       :         Partisipasi Ekonomi Anggota
Prinsip keempat   :        Otonomi Dan Kebebasan
Prinsip kelima      :        Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi
Prinsip keenam    :        Kerjasama diantara Koperasi
Prinsip ketujuh     :        Kepedulian Terhadap Komunitas

BENTUK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Menurut Ropke : 
• Identifikasi Ciri Khusus
  • Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
  • Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
  • Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
  • Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)
• Sub sistem
  • Anggota Koperasi
  • Badan Usaha Koperasi
  • Organisasi Koperasi
     Di Indonesia :
• Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas
•Rapat Anggota,
• Wadah anggota untuk mengambil keputusan
• Pemegang Kekuasaan Tertinggi, dengan tugas :
  • Penetapan Anggaran Dasar
  • Kebijaksanaan Umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi)
  • Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus
  • Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan sertapengesahan Laporan Keuangan
  • Pengesahan pertanggung jawaban
  • Pembagian SHU
  • Penggabungan, pendirian dan peleburan
Bentuk organisasi koperasi menurut Ropke
Koperasi merupakan bentuk organisasi bisnis yang para anggotanya adalah juga pelanggar utama dari perusahaan tersebut. 
Bentuk organisasi di Indonesia
Merupakan suatu susunan tanggung jawab para anggotanya yang melalui hubungan dan kerjasama dalam organisasi perusahaan tersebut.
       
POLA MANAJEMEN KOPERASI
Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi

• Definisi Paul Hubert Casselman dalam bukunya berjudul “ The Cooperative Movement and some of its Problems” yang mengatakan bahwa :“Cooperation is an economic system with social content”.

• Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi dengan melandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.

• Unsur sosial yang terkandung dalam prinsip koperasi lebih menekankan kepada hubungan antar anggota, hubungan anggota dengan pengurus, tentang hak suara, cara pembagian dari sisa hasil usaha dan sebagainya seperti yang dapat kita lihat dalam:

• Kesamaan derajat yang diwujudkan dalam “one man one vote” dan “no voting by proxy”.
• Kesukarelaan dalam keanggotaan
• Menolong diri sendiri (self help)
• Persaudaraan/kekeluargaan (fraternity and unity)
• Demokrasi yang terlihat dan diwujudkan dalam cara pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan oleh anggota.
• Pembagian sisa hasil usaha proporsional dengan jasa-jasanya.
• Definisi Manajemen menurut Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdayasumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.  
Sedangkan menurut UU No. 25/1992 yang termasuk Perangkat Organisasi Koperasi adalah:
 
Rapat Anggota
• Setiap anggota koperasi mempunyai hakdan kewajiban yang sama. Seorang anggota berhak menghadiri rapat anggota dan memberikan suara dalam rapat anggota serta mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus baaik di luar maupun di dalam rapat anggota. Anggota juga harus ikut serta mengadakan pengawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.

Anggota secara keseluruhan menjalankan manajemen dalam suatu rapat anggota dengan menetapkan:
• Anggaran dasar
• Kebijaksanaan umum serta pelaksanaan keputusan koperasi
• Pemilihan/pengangkatan/pemberhentian pengurus dan pengawas
• Rencana kerja, pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya
• PembagianSHU
• Penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi.

Pengurus Koperasi
Menurut Leon Garayon dan Paul O. Mohn mdalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” fungsi pengurus adalah:

• Pusat pengambil keputusan tertinggi
• Pemberi nasihat
• Pengawas atau orang yang dapat dipercaya
• Penjaga berkesinambungannya organisasi
• Simbol 
berikut contoh plang foto dari survey koperasi-koperasi yang ada dilingkungan sekitar tempat tinggal :
 









wikipedia,

http://echadarmaputri.wordpress.com/2010/12/20/bentuk-organisasi-menurut-hanel-ropke-dan-di-indonesia/

Jumat, 18 Oktober 2013

PENGERTIAN KOPERASI DAN SEJARAH KOPERASI INDONESIA

PENGERTIAN KOPERASI
Koperasi adalah suatu kumpulan orang orang yang memiliki tujuan yang sama dengan cara bekerja  sama dengan membentuk organisasi  tujuannya untuk mensejahtrakan para anggotanya.

SEJARAH KOPERASI INDONESIA
Sejarah koperasi pada awalnya dimulai pada abad ke-20 . Pada umumnya sejarah koperasi dimulai dari hasil usaha kecil yang tidak spontan dan dilakukan oleh rakyat kecil. Kemampuan ekonomi yang rendah mendorong para usaha kecil untuk terlepas dari penderitaan .Secara spontan mereka ingin merubah hidupnya.
Di Indonesia  ide ide perkoperasian diperkenalkan oleh, R. Aria Wiraatmadja yang pada tahun 1896 yang mendirikan sebuah Bank untuk para Pegawai Negeri. Karena semangat yang tinggi perkoperasian pun selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode.
Pada tahun 1908, Dr. Sutomo mendirikan Budi Utomo . Dr Sutomo sangat memiliki peranan bagi garakan koperasi untuk memperbaiki dan mensejahtrakan kehidupan rakyat.
Pada tahun 1915 dibuat peraturan-peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging dan pada tahun 1927 Regeling Inlandschhe Cooperatiev.
Pada tahun 1927 dibentuklah Serikat Dagang Islam. Dengan tujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi para pengusah-pengusaha pribumi. pada tahun 1929 berdiri Partai Nasional Indonesia yang memberikan dan memperjuangkan semangat untuk penyebaran koperasi di Indonesia.
Pada tahun 1942 negara Jepang menduduki Indonesia.Lalu jepang mendirikan koperasi yang diberi nama koperasi kumiyai.

Setelah bangsa Indonesia merdeka tanggal 12 Juli 1947. Gerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi pertama kalinya di Tasikmalaya.Hari itu kemudian ditetapkanlah sebagai Hari Koperasi Indonesia.
Kongres Koperasi pertama menghasilkan beberapa keputusan               :
1.    mendirikan sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia [SOKRI]
2.    menetapkan gotong royong sebagai asas koperasi
3.    menetapkan pada tanggal 12 Juli sebagai hari Koperasi
Pada tanggal 12 Juli 1953, mengadakan kembali Kongres Koperasi yang ke-2 di Bandung. Kongres koperasi ke -2 mengambil putusan :
1.    Membentuk Dewan Koperasi Indonesia [ Dekopin ]sebagai pengganti SOKRI
2.    Menetapkan pendidikan koperasi sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah
3     Mengangkat Moh. Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia
4.    Segera akan dibuat undang-undang koperasi yang baru

Pelaksanaan program perkoperasian pemerintah mengadakan kebijakan :
1.    menggiatkan pembangunan organisasi perekonomian rakyat terutam koperasi
2.    memperluas pendidikan dan penerangan koperasi
3.    memberikan kredit kepada kaum produsen, baik di lapangan industri maupun   .      pertanian yang bermodal kecil
Hingga saat ini peran pemerintah masih perduli terhadap keberadaan koperasi . Hal ini dibuktikan dengan adanya pembinaan dan pembelajaran mengenai koperasi.

Kamis, 27 Juni 2013

my ideals

hallo :)
This time I want to share a story about my ideals during I grew up.
Everyone must have ideals, but the ideals they certainly change over time.
Like me, when I was sitting in elementary school, I wanted to be a vet a few months later I wanted to be a stewardess. The dream of being a flight attendant keep me until I sat in junior high school, but as time went on my dream changed. At that time I often asked my mother to go to the bank, where I saw the Bank's employees are very pretty-pretty, neat-tidy really good anyway.
Well because I see Bank officials so wanted to that big a bank employee. Time goes by, my dream was changed again to become a teacher. Surely many people who are wondering why I want to be a teacher what the teacher?. My answer is only one, according to a teacher it is my job as a teacher much less glorious because we can preserve Indonesian culture, and we also get to know the culture of other nations. Ideals that's what I keep up now.

 



Thank you for reading :)

Kamis, 02 Mei 2013

Promotion??


Informative Promotion


Informative promotion is often used when launching a new product, or for an updated or relaunched product. The objective is to develop initial demand for a good, service, organization, or cause. It is used when a new product is put on the market on when an old product has been re-launched or updated.
Informative promotion will tell the consumer and marketplace about the product, explain how it works, provide pricing and product information, and should build awareness for the product as well as the company. The image of the product and the company should be compatible and complementary. There should be enough information to motivate the consumer to take some sort of action.

Persuasive Promotion

Marketers use persuasive promotion to increase the demand for an existing good, service, or organization. The idea is persuade a target audience to change brands, buy their product, and develop customer loyalty. After the purchase, the quality of the product will dictate whether or not the customer will remain loyal or return to the previous brand.
Persuasive promotion is highly competitive when there are similar products in the marketplace, and products are competing for their share of the market. In this situation, the winning product will differentiate itself form the competition and possess benefits that are superior to, or compete strongly with, the competition. Comparative approaches are common place, either directly or indirectly.
Reminder Promotion
Reminder promotion reinforces previous promotional information. The name of the product, testimonials of past customers, public response, and sales techniques are repeated in the hopes of reminding past customers and garnering new ones. It is used to keep the public interested in, and aware of, a well-established product that is most likely at the end of the product life cycle.

What is promotion?


Generally, promotion is communicating with the public in an attempt to influence them toward buying your products and/or services.
How does promotion differ from advertising? Promotion is the broader, all inclusive term. Advertising is just one specific action you could take to promote your product or service. Promotion, as a general term, includes all the ways available to make a product and/or service known to and purchased by customers and clients.

1.In terms of a career, a promotion refers to the advancement of an employee's rank or position in a hierarchical structure.
 
2. In sales, promotion refers to a different sort of advancement. A sales promotion entails the features - via advertising and/or a discounted price - of a particular product or service. 
Product promotions can also be classified as "sales" or "specials."

 What is sales-promotion?


Sales promotion is one of the seven aspects of the promotional . 
(The other six parts of the promotional mix are advertising, personal selling,direct marketing, publicity/public relations, corporate image and exhibitions.) Media and non-media marketing communication are employed for a pre-determined, limited time to increase consumer demand, stimulate market demand or improve product availability. Examples include contests, coupons, freebies, loss leaders, point of purchase displays, premiums, prizes, product samples, and rebates
Sales promotions can be directed at either the customer, sales staff, or distribution channel members (such as retailers). Sales promotions targeted at the consumer are called consumer sales promotions. Sales promotions targeted at retailers and wholesaler are called trade sales promotions. Some sale promotions, particularly ones with unusual methods, are considered gimmicks by many.
Sales promotion includes several communications activities that attempt to provide added value or incentives to consumers, wholesalers, retailers, or other organizational customers to stimulate immediate sales. These efforts can attempt to stimulate product interest, trial, or purchase. Examples of devices used in sales promotion include coupons, samples, premiums, point-of-purchase (POP) displays, contests, rebates, and sweepstakes.

Why do we need promotion?


Even the most large of organizations offer their item, and for valid purpose. So what exactly is this reason? As easy as it may audio, we need promotion to let individuals know about a item. It need not be just a product; it can be a support, a residence, and anything that can be marketed for cash.

The key factor here is the point that promotion is done about factors that are traded for real cash, and anyone who wants to offer something wants to create some benefit on it, and that is why promotion is done. Didn't get it? Study on.
When you think of promotion, what is it that first comes to mind? More likely than not, it will be symptoms. The signboards, the automobile symptoms, the promotion banner ads, and a whole lot more. And who places up these symptoms, after all? Apart from the apparent response that the signmakers do it, it is the big organizations and organizations that put up the most symptoms in promotion. The greatest objective of these organizations, of any organization, for that issue, is to benefit.
The quantity that goes into promotion is not a little one, so this should be apparent. They are in it for the a longer period transport. By promotion, each item that they produce goes out into the thoughts of the individuals who see the signboards and thus improves the possibilities of the item's purchase. The way promotion is done is just as essential as the act of promotion itself. If the promotion you see is something crazy, or done in a way that you can keep in thoughts quickly, you will go examine it out in a store for yourself, and if you do like it, you'll buy it. So the promotion has been a achievements.
Promotion is a key device in any item's lifestyle. Right from when an concept for a item is believed of, and the choice is created to produce it extensive, the promotion group starts its perform - considering and developing store symptoms, automobile symptoms, signboards, promotion occasion banner ads relevant to the item, and much more. Advertising is not restricted to items created by organizations alone - you could promote if you're using a meeting in your position, welcoming some superstar, beginning a store, beginning a purchase, almost anything that the globe at large needs to know about can be promoted.
If you go further into why we need promotion, the point that many individuals are actually based on this very promotion to stay their lifestyle becomes another purpose for its lifestyle. If promotion were to be eliminated, so many individuals or individuals would become homeless; the quantity would be incredible to say the least.
The most well-known, and thus the most typical type of promotion is using signboards. Threes a signboard basically everywhere you look - in all designs, and in all colors. Technological innovation has created more and more types of signboards available, but the conventional hand-painted indication created by signmakers has not disappeared. Among the more recent types of performs are LED symptoms, that promote using shiny lighting style, and are seen in all locations around the globe, lighting style up the nightime with their lighting.
Vehicle symptoms and signboards still stay among the top types of indication promotion, and the need for these is ever existing. Since the expenses of large hoardings and other such factors is quite great, most small-time companies and separate suppliers choose the signboard way of promotion. Not only is it inexpensive, but it is also more efficient - you can position several little signboards in several locations instead of only one large holding on to, and for perhaps 50 percent the price, accomplish the same outcome.