Senin, 03 Maret 2014

ALL ABOUT JAMBI

Arti Lambang Provinsi Jambi 




Lambang Daerah Tingkat I Provinsi Jambi adalah Berbentuk Bidang Dasar Segi Lima yang menggambarkan lambang Jiwa dan semangat Pancasila.

Pada Lambang tersebut terdapat gambar sebagai berikut :

A. Masjid, melambangkan Ketuhanan dan Keagamaan;

B. Keris, melambangkan kepahlawanan dan Kejuangan;

C. Gong, melambangkan jiwa musyawarah dan Demokrasi, dan

D. Pada bagian bawah logo terdapat Seloka “ Sepucuk Jambi Sembilan Lurah “ yang mengandung arti penggambaran luasnya wilayah Kesultanan Melayu Jambi yang mencakup Sembilan Lurah di kala pemerintahan Orang Kayo Hitam. Adapun ke Sembilan Lurah tersebut adalah :

1. Petaji,

2. Maro Sebo,

3. Jabus,

4. Aer Itam,

5. Awin,

6. Pemayung,

7. Miji,

8. VII - Koto, dan

9. Pinokawan.

Ada juga yang berpendapat bahwa wilayah Kesultanan Melayu Jambi dahulu meliputi Sembilan Lurah yang dialiri oleh anak-anak sungai (batang), masing-masing mempunyai nama :

1. Batang Asai

2. Batang Merangin

3. Batang Masurai

4. Batang Tabir

5. Batang Senamat

6. Batang Jujuhan

7. Batang Bungo

8. Batang Tebo dan

9. Batang Tembesi.

Batang-batang ini merupakan Anak Sungai Batanghari yang keseluruhannya itu merupakan wilayah Kesultanan Melayu Jambi.

Awalnya kalimat ”Pucuk Jambi Sembilan Lurah” terpatri dalam naskah lama ”Undang-undang Piagam Pencacahan dan Kisah Negeri Jambi” yang ditulis Ngebi Sutho Silago Priyayi Rajo Sari Bertarikh 1356 Hijriyah atau 1939 Masehi.

Pada kitab ini dalam pasal 37 Pucuk Undang delapan, lengkapnya berbunyi
”...Yang bernama Pucuk Jambi itu ialah Uluan Jambi, pertama pulau Umak, disanalah Durian ditakuk Rajo sebelah hulu Sialang bertantak besi antara dengan Tanah Minangkabau, maka itulah yang bernama Pucuk Jambi. Adapun yang dinamakan sembilan Lurah itu anak Batanghari Jambi sungainyo yang besar 9 sungai, Pertama Tembesi, kedua Merangin, Ketiga Batang Asai, Keempat Sungai Tabir, Kelima Tebo, Keenam Bungo, Ketujuh Pelepat, Kedelapan Masumai, kesembilan Jujuhan Mako itulah yang dinamokan yang Sembilan Lurah,…”
Batas wilayah Kerajaan dimasa lalu memang belum seperti sekarang dengan koordinat dan ordinat. Patok agrarianya berupa tanda-tanda alam atau simbol-simbol lain. Pada masa kesultanan Jambi luas wilayah kekuasaan kerajaan disebut dari Tanjung Jabung sampai durian ditakuk Rajo, dari sialang belantak besi ke Bukit Tambun Tulang. Tanjung Jabung adalah daerah pantai termasuk perairan dan gugusan Pulau Berhala. Durian ditakuk Rajo berada di Tanjung Simalidu, Sialang belantak besi berdiri tegak di Sitinjau Laut dan Bukit Tambun Tulang berada di Singkut.


Edited from sources :


Pemerintah Provinsi Jambi

Mengenal Lebih Dekat Sosok Sultan Thaha Syaifudin

Sultan Thaha Syaifudin (1816 - 1904)

Sultan Thaha Syaifudin





















Sultan Thaha Syaifudin

Sepertinya Nama Sultan Thaha Syaifudin banyak diabadikan sebagai nama tempat atau jalan di Provinsi jambi ini. Ketika pesawat yang saya naiki mendarat di Bandara Sultah Thaha Jambi, saya terus bertanya-tanya siapakah Beliau hingga namamya diabadikan sebagai nama bandara. Namun Sayangnya tidak banyak referensi  yang cukup menjelaskan siapakah sosok yang cukup fenomenal ini di Jambi. 

Sultan Thaha Syaufudin merupakan Pahlawan nasional asal Jambi yang dilahirkan pada pertengahan tahun 1816 dengan nama asli Sultan Raden Toha Jayadiningrat yang saat kecil sering dipanggil Raden Thaha Ningrat. Saat dinobatkan menjadi sultan pada tahun 1855 usia Sultan Thaha masih tergoleng cukup muda, yakni 22 tahun. Sultan Thaha menggantikan Sultan sebelumnya yaitu Sultan Nazarudin. Berbeda dengan ayahnya, Sultan Fachruddin, Sultan Thaha justru memperlihatkan perlawanan secara frontal kepada Belanda. Pada 1834, ayahnya menandatangani kontrak kerjasama dengan Belanda.

Adapun Sultan Thaha, justru memakai taktik mengelak dan menghindar kontrak.  Sultan Thaha bahkan menolak semua pasal yang membatasi kekuasaan sultan. Junaidi T Noor, sejarawan dari Jambi menyebut Thaha berpantang berhadapan muka dengan Belanda.

Residen Palembang, PF Laging Tobias pada 1881 mendeskripsikan Thaha sebagai orang yang energik lagi bertempramen panas. Ia diluar "kebiasaan" Jambi yang lamban. Karenanyalah Sultan Thaha adalah musuh utama kolonial Belanda ketika itu, walaupun secara formal kekuasaan Thaha berakhir pada 1858. Tapi kurang lebih 40 tahun ia berjuang di belakang layar sebelum akhirnya mangkat pada April 1904.  pada pertempuran di Sungai Aro dan menjadi  sultan terakhir dari kesultanan jambi pada era itu.


(Keterangan asli untuk foto ini berbunyi: "sultan terakhir Jambi dengan rombongannya."Mungkin digambarkan di sini Sultan Thaha Syaifuddin Jambi (1816-1904) . Dia ditangkap dandibunuh pada tahun 1904 oleh tentara Belanda. Saat ini bandara di ibukota Jambi dinamai menurut namanya.)Het originele bijschrift bij deze foto luidt: "De laatste sultan van Jambi met zijn gevolg". Mogelijk is hier Sultan Thaha Syaifuddin van Jambi (1816-1904) geportretteerd. Hij werd in 1904 gevangengenomen en gedood door Nederlandse militairen. Het huidige vliegveld bij de gelijknamige hoofdstad van het district Jambi is naar hem vernoemd.


Sebagai sultan muda, dalam melawan Belanda ternyata Sultan Thaha mencoba membuka jejaring ke sultan Turki. Sebuah terobosan yang boleh jadi belum dicoba oleh para pendahulunya. Ibu Sultan Thaha yang keturunan Arab menurut Scholten memberi andil soal keputusan sultan muda ini untuk meminta dukungan diplomatik dari kesultanan Turki. Langkah ini, pada 1873 diikuti pula oleh kesultanan Aceh. BuktiuUsaha diplomatik itu dapat dilihat dari adanya kalung bintang kejora yang merupkan pemberian dari Khalifah Utsmani di Turki untuk Sultan Thaha melalu utusannya. Saat ini kalung bIntang kejoran tersebut disempan di Museum Siginjei Jambi.

Sultan Thaha Syaifudin dimakamkan di tengah kota Muaro Jambi. Namun ada versi lain yang menyebutkan lokasi yag berbeda mengenai letak lokasi makan Sultah Thaha Syaifudin. Versi lainnya mengatakan makam sang sultan ada di Desa Betung Berdarah, Kecamatan Tebo Ilir. Versi ini mengatakan Sultan Thaha yang sudah uzur tertembak oleh Belanda dalam sebuah pertempuran. Dalam keadaan luka parah, sultan dilarikan oleh pasukannya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJSvB-YY-H0mo0o5yGTbYFsvrR4bvQCaYszF01YKgiByvkm46RflavLm_1LYzhrUGVtUpkBi_sXIiiJ_SGjUc34tpGDPQSJcX2go6pBZsT20XR3aWbE5SVXDXN6b6HlNzKIvHFO-2-SeY/s320/2013-02-20+17.53.56.jpg

Sultan kemudian meninggal dalam usia 88 tahun pada 1904 (beliau lahir di Jambi pada pertengahan1816). Oleh pengikutnya, beliau dimakamkan di Desa Betung Berdarah. Hingga sekarang, versi makam Betung Berdarah ini masih terus disebut-sebut dan dipercayai oleh cukup banyak orang.

Versi lainnya adalah adalah Sebuah Makam yang berlokasi di Dusun Tanah Garo, Olak Kemang, Kecamatan Muara Tabir, Tebo. Tak hanya makam sang sultan, di lokasi yang sama juga ada beberapa makam lainnya yang disebut-sebut sebagai hulu balangnya. (Leo)





http://senjadiatasbukit.blogspot.com/2013/04/mengenal-lebih-dekat-sosok-sultan-thaha.html


Rabu, 08 Januari 2014

KOPERASI INDONESIA / COOPERATIVE BANKING



Oke sekarang gua mau sharing tentang "k-o-p-e-r-a-s-i" meliputi pengertian,prinsip-prinsip,organisasi dan manajemennya, dan survey koperasi dilingkungan terdekat gua
semoga bermanfaat *amiin......

PENGERTIAN KOPERASI


Menurut wikipedia Koperasi adalah organisasi bisnisyang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Cooperative banking is retail and commercial banking organized on acooperative basis. Cooperative banking institutions take deposits and lend money in most parts of the world.
Cooperative banking, as discussed here, includes retail banking carried out by credit unionsmutual savings banksbuilding societies and cooperatives, as well as commercial banking services provided bymutual organizations (such as cooperative federations) to cooperative businesses.
  


Menurut Mohammad Hatta(1980:14)
Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong menolong. Selanjutnya dikemukakan bahwa gerakan koperasi adalah perlambang harapan bagi kaum ekonomi lemah,berdasarkan self-help dan tolong menolong diantara anggota- anggotanya, sehingga dapat melahirkan rasa saling percaya kepada diri sendiri dalam persaudaraan koperasi yang merupakan semangat baru dan semangat menolong diri sendiri. Ia didorong oleh keinginan memberi jasa kepada kawan, berdasarkan prinsip “seorang buat semua dan semua buat seorang”.

Definisi Koperasi Menurut ILO ( International Labour Organization )

 Definisi koperasi yang lebih detail dan berdampak internasional diberikan oleh ILO sebagai berikut :
“Cooperative defined as an association of persons usually of limited means, who have voluntarily joined together to achieve a common economic end thorough the formation of a democratically controlled business organization, making equitable contribution to the capital required and accepting a fair share of risk and benefits of undertaking”.
Dalam definisi ILO tersebut, terdapat 6 elemen yang dikandung koperasi sebagai berikut :
  • · Koperasi adalah perkumpulan orang – orang ( Association of persons ).
  • · Penggabungan orang – orang tersebut berdasar kesukarelaan ( Voluntarily joined together ).
  • · Terdapat tujuan ekonomi yang ingin dicapai ( to achieve a common economic end ).
  • · Koperasi yang dibentuk adalah satu organisasi bisnis ( badan usaha ) yang diawasi dan dikendalikan secara demokratis ( formation of a democratically controlled business organization )
  • · Terdapat kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan ( making equitable contribution to the capital required )
  • · Anggota koperasi menerima resiko dan manfaat secara seimbang ( Accepting a fair share of the risk and benefits of the undertaking ).
PRINSIP – PRINSIP KOPERASI
Prinsip pertama   :        Keanggotaan Sukarela dan Terbuka
Prisip kedua        :        Pengendalian oleh Anggota Secara demokratis
Prinsip ketiga       :         Partisipasi Ekonomi Anggota
Prinsip keempat   :        Otonomi Dan Kebebasan
Prinsip kelima      :        Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi
Prinsip keenam    :        Kerjasama diantara Koperasi
Prinsip ketujuh     :        Kepedulian Terhadap Komunitas

BENTUK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
Menurut Ropke : 
• Identifikasi Ciri Khusus
  • Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
  • Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
  • Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
  • Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)
• Sub sistem
  • Anggota Koperasi
  • Badan Usaha Koperasi
  • Organisasi Koperasi
     Di Indonesia :
• Bentuk : Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola dan Pengawas
•Rapat Anggota,
• Wadah anggota untuk mengambil keputusan
• Pemegang Kekuasaan Tertinggi, dengan tugas :
  • Penetapan Anggaran Dasar
  • Kebijaksanaan Umum (manajemen, organisasi & usaha koperasi)
  • Pemilihan, pengangkatan & pemberhentian pengurus
  • Rencana Kerja, Rencana Budget dan Pendapatan sertapengesahan Laporan Keuangan
  • Pengesahan pertanggung jawaban
  • Pembagian SHU
  • Penggabungan, pendirian dan peleburan
Bentuk organisasi koperasi menurut Ropke
Koperasi merupakan bentuk organisasi bisnis yang para anggotanya adalah juga pelanggar utama dari perusahaan tersebut. 
Bentuk organisasi di Indonesia
Merupakan suatu susunan tanggung jawab para anggotanya yang melalui hubungan dan kerjasama dalam organisasi perusahaan tersebut.
       
POLA MANAJEMEN KOPERASI
Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi

• Definisi Paul Hubert Casselman dalam bukunya berjudul “ The Cooperative Movement and some of its Problems” yang mengatakan bahwa :“Cooperation is an economic system with social content”.

• Artinya koperasi harus bekerja menurut prinsip-prinsip ekonomi dengan melandaskan pada azas-azas koperasi yang mengandung unsur-unsur sosial di dalamnya.

• Unsur sosial yang terkandung dalam prinsip koperasi lebih menekankan kepada hubungan antar anggota, hubungan anggota dengan pengurus, tentang hak suara, cara pembagian dari sisa hasil usaha dan sebagainya seperti yang dapat kita lihat dalam:

• Kesamaan derajat yang diwujudkan dalam “one man one vote” dan “no voting by proxy”.
• Kesukarelaan dalam keanggotaan
• Menolong diri sendiri (self help)
• Persaudaraan/kekeluargaan (fraternity and unity)
• Demokrasi yang terlihat dan diwujudkan dalam cara pengelolaan dan pengawasan yang dilakukan oleh anggota.
• Pembagian sisa hasil usaha proporsional dengan jasa-jasanya.
• Definisi Manajemen menurut Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdayasumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.  
Sedangkan menurut UU No. 25/1992 yang termasuk Perangkat Organisasi Koperasi adalah:
 
Rapat Anggota
• Setiap anggota koperasi mempunyai hakdan kewajiban yang sama. Seorang anggota berhak menghadiri rapat anggota dan memberikan suara dalam rapat anggota serta mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus baaik di luar maupun di dalam rapat anggota. Anggota juga harus ikut serta mengadakan pengawasan atas jalannya organisasi dan usaha koperasi.

Anggota secara keseluruhan menjalankan manajemen dalam suatu rapat anggota dengan menetapkan:
• Anggaran dasar
• Kebijaksanaan umum serta pelaksanaan keputusan koperasi
• Pemilihan/pengangkatan/pemberhentian pengurus dan pengawas
• Rencana kerja, pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya
• PembagianSHU
• Penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi.

Pengurus Koperasi
Menurut Leon Garayon dan Paul O. Mohn mdalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” fungsi pengurus adalah:

• Pusat pengambil keputusan tertinggi
• Pemberi nasihat
• Pengawas atau orang yang dapat dipercaya
• Penjaga berkesinambungannya organisasi
• Simbol 
berikut contoh plang foto dari survey koperasi-koperasi yang ada dilingkungan sekitar tempat tinggal :
 









wikipedia,

http://echadarmaputri.wordpress.com/2010/12/20/bentuk-organisasi-menurut-hanel-ropke-dan-di-indonesia/